Uncategorized

BOLAANG MONGONDOW DALAM BINGKAI SEJARAH

Ajakan Untuk Menulis Kembali Sejarah Yang Terkoyak.

oleh: Donald Qomaidiansyah Tungkagi

Tanpa bermaksud bernostalgia apalagi mendramatisir kejadian dimasa lampau, namun untuk memahami sejarah Bolaang Mongondow secara utuh, dirasakan perlu adanya, guna memahami masa lampau secara objektif demi merancang visi dan misi Bolaang Mongondow di masa yang akan datang.
Oleh karena itu, penting bagi kita sebagai intau ten no biag kon buta’ Bolaang Mongondow (orang yang hidup di tanah Bolaang mongondow) dalam memahami kejadian-kejadian pada masa lampau, sebab sadar atau tidak, apa yang terjadi saat ini, bahkan yang membentuk kita masa kini, tidak terlepas dari proses panjang bahkan sejarah baik yang masih utuh bahkan yang terkoyak dimakan semrautan zaman. Menatap kebelakang bukanlah menjadikan kita mundur atau kembali lagi, namun itu dijakdikan sebagai sebagai sebuah energi dalam mennetukan masa depan, sebab membuka kembali kenangan masa lampau dan memahaminya serta mangambil pelajaran darinya, akan lebih mudah bagi kita dalam menempatkan sebuah titik tujuan, kemana Bolaang Mongondow ini akan melangkah ke masa depan.
Dengan itu, kita dapat mengklasifikasi perjalanan daerah ini dari yang diketahui, menuju yang tidak diketahui. Atau dalam bahasanya Hasyim Wahid dalam tulisannya yang berjudul “Memahami masa lalu, melihat masa kini, (untuk) menrancang masa depan”, dimana didalamnya dijelaskan “From the known to unknown” dari yang diketahui menuju ke yang tidak diketahui. Dalam hal ini, yang diketahui itu ada dua: the known itu antara lain the past (masa lalu) dan the present (saat ini), sedangkan the unknown hanya satu, yaitu the future (akan datang). Makin dalam kita tahu tentang the past and the present makin mungkin kita mendesain the future, tentunya masa depan kita Bolaang Mongondow yang berpemerintahan baik dan maju.
Jelasnya, kita perlu mendapatkan gambar yang utuh tentang the past and the present (masa lalu dan masa kini). Dengan itu, kita bisa mendapatkan assessment yang jujur tentang Bolaang Mongondow hari ini, dan dari situ kita bisa memperkirahkan dan merekayasa Bolaang Mongondow masa depan.
Oleh sebab itu, mengutip pendapat Ortega Y Gaset dalam tulisannya Hasyim Wahid, bahwa “kita harus mengerti sejarah secara keseluruhannya, bukan untuk mengulanginya tetapi justru untuk meninggalkannya”.
Sejarah Bolaang Mongondow memang harus dipahami ulang secara kritis, karena sejarah kita adalah sejarah yang penuh kebohongan dan ketertutupan, imajinasi dan rekayasa. Dengan cara inilah kita bisa sedikit jujur menyadari kekuatan dan kelemahan kita dan percaya diri menyonsong masa depan dengan penuh rekayasa. Teringat kata salah satu filsuf spanyol, bahwa siapa yang tidak bisa mengambil pelajaran dari sejarah dipastikan dia akan mengulangi sejarah tersebut. Dan tentunya, kita sama sekali tidak menginginkan sejarah itu berulang, sebab diterima atau tidak sejarah kita sudah terkoyak, baik sejarah yang berumur ratusan tahun sampai sejarah sehari yang lalu. Marilah, kembali kita tuliskan sejarah daerah kita dengan jujur, sehingga dengan ini kita dapat mengambilnya sebagai energy dan mengumpulkannya saat ini, dalam mendorong masa depan Bolaang Mongondow yang lebih baik.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s