Renungan

Ramadhan 2013: Indahnya Menghargai Perbedaan

ImageBELUM ada ketetapan resmi dari pemerintah, karena Rukyat baru mau dilakukan hari ini, Senin 8 Juli 2013. Meski begitu, organisasi keagamaan Muhammadiyah dan Nahdlatul Ulama (NU) sudah meentapkan awal Ramadhan 1434 H.

Sedikit berbeda, Muhammadiyah telah memutuskan awal Ramadan tahun ini jatuh pada 9 Juli mendatang. Keputusan itu didasarkan atas metode perhitungan hisab hakiki wujudul hilal dan hasil musyawarah Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

Sedangkan, Tim Lajnah Falaqiah NU, berdasarkan metode rukyatul hilal telah memperkirahkan awal Ramadan baru akan jatuh pada 10 Juli 2013. Karena pada 9 Juli itu diprediksi ketinggian hilal masih di bawah ufuk.

Bahkan, Jamaah Tarekat Naqsabandiyah di Sumatra Barat, dengan metode hisab munjid atau me­lalui penanggalan yang sudah dila­kukan turun-temurun, telah menetapkan awal Ramadan 1434 Hijriah, Minggu 7 Juli kemarin. Sedangkan, Jemaah Tarekat Samanniyah mulai berpuasa hari ini, Senin 8 Juli. Dimana mernurut mereka Awal puasa ditentukan dengan melihat bulan purnama pada tanggal 15 Syakban. Jika bulan terlihat, awal Ramadan dihitung 15 hari berikutnya.

Perbedaan ini, secara umum dikarenakan, penentukan awal ramadhan dilakukan dengan salah satu dari dua cara, yakni melihat hilal ramadhan atau menggenapkan bulan Sya’ban menjadi 30 hari. Ini berdasarkan dalil-dalil sebagai berikut:

”Karena itu, barangsiapa di antara kamu menyaksikan (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, maka hendaklah ia berpuasa pada bulan tersebut.” (QS. Al Baqarah: 185)

”Apabila bulan telah masuk kedua puluh sembilan malam (dari bulan Sya’ban, pen). Maka janganlah kalian berpuasa hingga melihat hilal. Dan apabila mendung, sempurnakanlah bulan Sya’ban menjadi tiga puluh hari.” (HR. Bukhari no. 1907 dan Muslim no. 1080, dari ‘Abdullah bin ‘Umar)

Intinya: “Perbedaan menjadi indah buat mereka yang bisa saling menghargai”

One thought on “Ramadhan 2013: Indahnya Menghargai Perbedaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s